*Update Informasi: Terbit*
Penulis
Ni Komang Wijiani Yanti
Mega Sara Yulianti
Editor
Dr. Lalu Moh Yudha Isnaini, M.Pd
Muhammad Syamsussabri, M.Pd
Desain Sampul
Muhammad Zul Amri Izzudin, M.Sc
Ukuran
viii + 66 hlm, Uk: 15,5 x 23 cm
ISBN
978-623-99071-6-7
Sinopsis
Pelayanan merupakan suatu aktivitas atau serangkaian alat yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba), yang terjadi akibat interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal-hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan persoalan konsumen. Pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah penggunaan fasilitas pelayanan yang disediakan baik dalam bentuk rawat jalan, rawat inap, kunjungan rumah oleh petugas kesehatan ataupun bentuk kegiatan lain dari pemanfaatan pelayanan tersebut yang didasarkan pada ketersediaan dan kesinambungan pelayanan, penerimaan masyarakat dan kewajaran, mudah dicapai oleh masyarakat, terjangkau serta bermutu.
Pelayanan medis merupakan suatu kegiatan mikro sosial yang berlaku antara orang perorangan sebagai langkah awal dalam proses pra transaksi pelayanan kesehatan. Maksud dari pelayanan medis ini adalah pelayanan awal berupa pemberian informsi medis, jenis dan prosedur pelayanan yang ditujukan pada pasien pada saat ingin melakukan tindakan medis atau mengkonsumsi produk kesehatan tertentu yang telah disediakan oleh pihak rumah sakit. Pelayanan medis merupakan bagian dari pelayanan kesehatan, karena pelayanan kesehatan merupakan suatu kegiatan makrosisial yang berlaku antara pranata atau lembaga dengan suatu populasi tertentu, masyarakat atau komunitas, sedangkan pelayanan medis adalah kegiatan mikrosisial yang berlaku antara orang perorangan.