*Update Informasi: Proses ISBN*
Penulis
Hadi Wijaya, M.Pd
Muhamad Sadli, M.Pd
Halimatussakdiyah, S.Pd
Editor
Dr. Lalu Moh Yudha Isnaini, M.Pd
Muhammad Syamsussabri, M.Pd
Desain Sampul
Muhammad Zul Amri Izzudin, M.Sc
Ukuran
vi + 59 hlm, Uk: 15,5 x 23 cm
ISBN
Sinopsis
Buku ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi program Gerakan Literasi dalam meningkatkan minat membaca pada siswa SDN 3 Penujak. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah program yang ibuat oleh pemerintah, dimana dalam program ini adalah kemampuan peserta didik dalam mengakses, memahami, melalui kegiatan membaca. Penerapan program GLS ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca pada peserta didik, jika minat peserta didik meningkat maka budaya literasinya juga akan semakin meningkat.
Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah dilakukan melalui tiga tahap yakni Tahap Pembiasaan, pada tahap pembiasaan guru menerapkan membaca 15 menit sebelum jam pembelajaran. Tahap Pengembangan, guru menerapkan dengan cara siswa membaca kedepan secara bergantian. Sedangkan Tahap Pembelajaran, guru menerapkannya dengan cara guru mengajak siswa membaca 15 menit di pojok baca atau di perpustakaan. Daya dukung dalam implementasi program GLS ini adalah perpustakaan, pojok baca, dan taman sekolah. Peran guru dalam implementasi program GLS di SDN 3 Penujak adalah memberikan dukungan, motivasi, dan mensosialisasikan kepada seluruh peserta didik tentang program Gerakan Literasi Sekolah.