Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Meningkatkan Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah

*Update Informasi: Proses ISBN* 

Penulis

Hadi Wijaya, M.Pd

Muhamad Sadli, M.Pd

Halimatussakdiyah, S.Pd

Editor

Dr. Lalu Moh Yudha Isnaini, M.Pd

Muhammad Syamsussabri, M.Pd

Desain Sampul

Muhammad Zul Amri Izzudin, M.Sc

Ukuran

vi + 59 hlm, Uk: 15,5 x 23 cm

ISBN

 

Sinopsis

Buku ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi program Gerakan Literasi dalam meningkatkan minat membaca pada siswa SDN 3 Penujak. Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah program yang ibuat oleh pemerintah, dimana dalam program ini adalah kemampuan peserta didik dalam mengakses, memahami, melalui kegiatan membaca. Penerapan program GLS ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca pada peserta didik, jika minat peserta didik meningkat maka budaya literasinya juga akan semakin meningkat.

Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah dilakukan melalui tiga tahap yakni Tahap Pembiasaan, pada tahap pembiasaan guru menerapkan membaca 15 menit sebelum jam pembelajaran. Tahap Pengembangan, guru menerapkan dengan cara siswa membaca kedepan secara bergantian. Sedangkan Tahap Pembelajaran, guru menerapkannya dengan cara guru mengajak siswa membaca 15 menit di pojok baca atau di perpustakaan. Daya dukung dalam implementasi program GLS ini adalah  perpustakaan, pojok baca, dan taman sekolah. Peran guru dalam implementasi program GLS di SDN 3 Penujak adalah memberikan dukungan, motivasi, dan mensosialisasikan kepada seluruh peserta didik tentang program Gerakan Literasi Sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *